Gaya Hidup Yang Lebih Sehat untuk Mencegah Diabetes -->

Header Menu


Gaya Hidup Yang Lebih Sehat untuk Mencegah Diabetes

Posted by Administrator
Thursday 9 February 2023

Gula Mrupakan bagian dari karbohidrat yang merupakan substrat energi utama tubuh. Namun  harus di ketahui jika menkonsumsi  asupan gula berlebih dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat. maka kadar gula darah yang tinggi akan diubah oleh tubuh menjadi lemak sehingga dapat menyebabkan obesitas bahkan dapat mengakibatkan terkena diabetes.


Penyakit diabetes melitus ditandai oleh naiknya kadar gula di dalam darah. penyakit ini terjadi bermacam macam penyebabnya, ada yang memang dari faktor keturunan hingga obesitas. ada juga akibat dari menkosumsi gula berlebih yang umumnya bermula dari gaya hidup tidak sehat , tetapi kekurangan asupan gula juga kurang bagus karena tubuh akan membongkar cadangan energi dari lemak dan protein yang dapat menyebabkan penurunan berat badan sertka kehilangan massa otot.


Diabetes merupakan penyakit tidak menular tetapi sulit untuk di sembuhkan bahkan penyakit ini tidak dapat disembuhkan sama sekali .  penyakit Diabetes  membutuhkan perawatan seumur hidup. Maka dari itu, penting untuk melakukan langkah pencegahan diabetes mulai dari sekarang. Tapi dengan kontrol yang baik dengan mengupayakan kadar gula darah dalam batas normal dapat membuat tubuh tetap sehat.


 Nasi putih termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik tinggi  Setelah mengonsumsinya, kadar gula darah bisa saja melonjak naik karena Glukosa dari nasi putih. Jika tubuh tidak segera mengolah Glukosa sebagai sumber energi, hal ini dapat menjadi pemicu penyakit diabetes. karena Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan disfungsi hingga gangguan produksi insulin sehingga seseorang dapat mengalami diabetes mellitus,

Maka dari itu perlunya menjalani pola hidup yang lebih sehat sangatlah penting untuk mencegah  risiko terjadinya resistensi insulin. maka dari itu mulailah untuk merubah  gaya hidup yang lebih sehat agar dapat mencegah diabetes dan selalu lakukan kontrol yang baik, Cara untuk mencegah diabetes ini adalah dengan fokus menjaga kadar gula darah tetap normal. berikut ada beberapa cara lain untuk mencegah diabetes sejak dini, 

Pertama, pertahankan berat badan ideal, jika memiliki berat badan berlebih, maka upayakan untuk menguranginya sekitar 5 sampai 10% untuk mengurangi risiko diabet

kedua Perlu juga diet kalori dan rendah lemak sangat dianjurkan sebagai cara terbaik menurunkan berat badan dan mencegah diabetes Pasalnya, obesitas menjadi salah satu faktor penyebab utama dari diabetes karena Obesitas mengganggu kerja metabolisme yang akhirnya membuat sel-sel dalam tubuh tidak dapat merespons insulin dengan baik.

Ketiga, perbanyak makan buah dan sayur dan kurangi minum minuman manis dan bersoda sehingga dapat membantu Anda mengendalikan berat badan tetap ideal sehingga risiko diabetes akan menurun. maka biaskan untuk mengatur kembali pilihan makanan. dengan mwngkonsumsi makanan bergizi seimbang dapat membantu mengendalikan berat badan tetap ideal sehingga risiko diabetes akan menurun.

Keempat, aktif berolahraga, upayakan untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari untuk mencapai berat badan ideal dan menekan tingginya risiko diabetes karena dengan berolahraga dapat membantu membakar kalori untuk menghasilkan energi dan menyimpan glukosa ke otot sebagai cadangan energi. sehingga gula tidak menumpuk di dalam darah dan tentu menghindarkan Anda dari risiko resistensi insulin. 

Kelima, perhatikan asupan gula setiap harinya. Asupan gula harian sering berlebih karena konsumsi gula tambahan yang dicampurkan ke dalam makanan dan minuman, termasuk pemanis buatan, gula cair atau gula kristal, serta gula alami dalam madu, karena dengan konsumsi makanan tinggi gula secara berlebihan akan memicu masalah metabolisme serta memicu kegemukan atau obesitas.

Untuk mencegah diabetes, pastikan piring makan Anda selalu mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, yaitu karbohidrat, protein, serat, lemak baik, serta vitamin dan mineral. dengan mererapkan cara hidup sehat mulai dari sekrang semoga akan terhindar dari penyakit diabetes