Ketahui Fakta Minum Kopi Dapat Mengatasi Depresi -->

Header Menu


Ketahui Fakta Minum Kopi Dapat Mengatasi Depresi

Posted by Administrator
Friday 9 December 2022

Perasaan sedih atau murung yang biasa di alami oleh anak merupakan hal yang wajar dalam proses tumbuh kembang anak. akan tetapi kondisi yang si alami seperti ini jangan di diamkan karena kondisi seperti ini bisa menjadi masalah terlebih jika berpengaruh terhadap kehidupan anak, mulai dari lingkungan pergaulannya, keluarga, hingga sekolah. Depresi bisa di alami oleh siapapun tidak ada batasan usia tetapi depresi dapat di atasi 



Anak-anak pun tak luput dari gangguan kejiwaan, karena ketidakmampuan mereka untuk menangani masalah yang dihadapi. Seorang anak masih sangat terbatas dalam memahami masalah dan menyelesaikan masalahnya. 

Depresi Merupakan  gangguan mood, dimana kondisi emosional berkepanjangan yang mewarnai proses berpikir, berperasaan dan berperilaku seseorang. Biasanay seseorang yang mengalami  depresi memperlihatkan perasaan tidak berdaya dan kehilangan harapan, disertai perasaan sedih, kehilangan minat dan kegembiraan. dan jiak mengalami depresi  akan  kehilangan energi sehingga kelihatan mudah lelah dan malas beraktivitas. terkandang Penderita depresi sanagt membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitar terutama dalam lingkungan keluarga. 

Solusi dalam mengatasi depresi sangatlah banyak, Apakah Anda mengetahui bahwa kopi dapat menjadi senjata yang turut membantu memerangi depresi yang kian hari kian tinggi jumlahnya.Selama ini kopi dikenal sebagai penahan rasa kantuk saja. Padahal kopi mempunyai manfaat lain yang tidak kalah penting, yakni dapat membantu menjaga kesehatan mental.Dengan mengonsumsi kopi dua sampai tiga cangkir sehari memiliki resiko lebih rendah terserang depresi dikarenakan kafein pada kopi dinilai mampu membantu pelepasan endorfin yang cara kerjanya mirip dengan obat antidepresi.

Dengan Meminum kopi ketika kantuk menyerang atau pikiran tak bisa fokus memang solusi terbaik yang dapat di coba. Tertulis dalam penelitian 2016 yang mengamati 11 studi observasiobal di China antara tahun 1980 hingga 2015 membuktikan bahwa kafein pada kopi berkontribusi pada penurunan risiko depresi seseorang yang signifikan. Fakta menunjukkan peminum kopi secara signifikan lebih kecil kemungkinan untuk mengalami depresi, daripada orang yang tidak meminum kopi.


Kopi  minuman yang digemari banyak orang terutama para laki laki. ditambah dengan zaman semakin bmaju sehingga kebiasaan minum kopi tidak hanya sebagai aktivitas kuliner saja tapi telah menjadi bagian dari gaya hidup.sehingga kian menjamurnya kedai kopi di berbagai daerah. Selain itu, minum kopi ternyata juga punya banyak manfaat bagi tubuh. 


Fakta menemukan bahwa orang mengalami depresi, kadar protein peradangan dalam darah lebih tinggi. Kopi yang memiliki kandungan yang potensial hingga meredakan depresi, perlu diketahui bahwa kopi memiliki sekitar 1.000 senyawa alami  yang bisa meredakan depresi. Kandungan yang terdapat di kopi yaitu Kandungan antioksidan, dimana Rata-rata di dalam tubuh mengalami kekurangan antioksidan dari makanan yang dikonsumsi. Sementara, kopi adalah minuman yang kaya akan antioksidan yang dapat menekan kadar oksidatif dalam darah dan kandungan kafein yang  dapat memblokir senyawa sehingga mengubah suasana hati melalui respons adenosin di otak. 


Meski kopi dan kafeinnya mampu mengurangi resiko depresi, bukan berarti kopilah satu-satunya cara untuk keluar dari depresi ini. dan bukan berarti dapat meminum kopi sebanyak-banyaknya. Bagaimanapun juga, semua hal yang berlebihan bisa menimbulkan efek samping, termasuk minum kopi terlalu banyak dan  harap diperhatikan bahwa konsumsi kafein secara rutin akan menimbulkan sedikit banyak efek ketergantungan terhadap kopi. Meski tidak berbahaya, namun hendaknya kondisi ini diperhatikan, karena konsumsi kopi selalu baik selama dalam batas yang wajar.