Jenis Investasi Properti -->

Header Menu


Jenis Investasi Properti

Posted by Administrator
Wednesday 6 January 2021

Jenis Investasi Properti



Investasi properti merupakan salah satu jenis invesatasi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Dimana banyak sekali orang-orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Memang investasi properti sangatlah menguntungkan dan sudah banyak sekali orang-orang yang membuktikannya. Jika anda tertarik, anda pun bisa mencoba untuk menjalankannya. 

Investasi properti berkaitan dengan pembelian, kepemilikan, penyewaan, pengelolaan dan penjualan real estate untuk menghasilkan keuntungan ataupun profit. Dimana investasi yang satu ini ditujukan untuk mendapatkan return of investment baik itu melalui hasil sewa ataupun melalui hasil penjualan. Tergantung dari pemilik properti yang akan mengelola bisnis yang dijalankannya. 

Jenis Investasi Properti 

Berbicara soal investasi properti, ada banyak sekali jenis investasi properti yang bisa anda pilih sesuai yang diinginkan. Setiap investasi properti yang ada memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda dapat menentukan sendiri mengenai investasi properti yang akan dijalankannya. 

Berikut ini adalah beberapa jenis investasi properti yang dapat anda pilih! 

- Rumah Kontrakan 

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan jenis investasi properti yang satu ini. Rumah kontrakan menjadi salah satu jenis investasi yang cukup menguntungkan bagi siapa saja. Rumah kontrakan menjadi salah satu kebutuhan ornag-orang untuk tempat tinggal. 



Biasanya orang-orang yang menyewa rumah kontrakan ketika sedang merantau atau bekerja di kota lain. Sehingga mengaruskan dirinya untuk menyewa kontrakan supaya lebih efektif. Biasanya kontrakan disewakan dalam jangka waktu tahunan atau beberapa bulan sesuai dengan kesepakatan antara pemilik properti tersebut. 



- Ruko 

Kebutuhan orang-orang akan menjalankan bisnis penjualan tentu sangatlah banyak. Biasanya mereka membutuhkan sebuah ruko untuk bisa menjual usaha yang dimilikinya. Disini menjadi pertimbangan bagi orang-orang yang sedang mencari ruko, mereka akan memilih ruko yang lokasinya strategis, yakni dijangkau oleh banyak orang. 



Bilamana ruko yang dicarinya sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Maka orang tersebut akan menyewa ruko tanpa berpikir panjang. Hanya saja melakukan penawaran mengenai tempat yang ingin disewanya. Biasanya tempat yang semakin dekat dengan jalan atau sering dilewati orang-orang memiliki nilai harga yang lebih tinggi. 



- Tempat Kost 

Tempat kost juga menjadi salah satu investasi properti yang cukup menguntungkan bagi siapa saja yang memilikinya. Bila anda memiliki lahan yang cocok dan strategis, anda bisa membuat tempat kost. Dimana akan ada banyak sekali orang-orang yang membutuhkan tempat kost sebagai tempat tinggal. 



Seperti halnya ketika anda membuat tempat kost di daerah industry. Ketika orang-orang merantau pastinya membutuhkan tempat tinggal di dekat tempat pekerjaannya. Bilamana lokasi tempat kost milik anda strategis, maka akan ada banyak orang yang membutuhkannya. Anda akan mendapatkan keuntungan dari hasil sewa tempat kost tersebut. 



- Tanah 

Tanah kosong juga menjadi salah satu properti yang dapat anda manfaatkan untuk bisa menghasilkan keuntungan. Tanah kosong menjadi alternative untuk berbagai macam investasi menarik. Tanah sendiri selalu mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Dimana jenis invesatasi yang satu ini bersifat jangka panjang, baik itu bulanan ataupun tahunan. 



Bilamana anda tidak ingin mengeluarkan biaya bangunan, maka anda bisa menyewakan tanah yang dimiliki kepada pihak yang tepat untuk menjadikannya tetap produktif. Apalagi jika tanah yang anda miliki berada di lokasi yang strategis, akan ada peluang yang sangat besar untuk anda dapatkan. 



- Investasi Apartemen 

Jenis investasi properti yang satu ini bukan main-main, dimana anda membutuhkan modal yang sangat besar untuk bisa menjalankannya. Apartemen merupakan sebuah bangunan besar mewah yang di dalamnya bisa ditempati oleh orang-orang yang membutuhkannya. 



Jenis investasi yang satu ini banyak disukai oleh kalangan milenial sesuai dengan gaya hidup mereka di jaman sekarang ini. Dengan membeli apartemen, anda bisa menyewakan ataupun menjualnya dengan keuntungan yang lumayan besar. Apalagi jika lokasinya strategis, tentu akan menjadi buronan banyak orang untuk menyewa apartemen yang anda miliki. 

Banyak sekali jenis investasi properti yang bisa anda jalankan sesuai keinginan anda sendiri. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri. Disini anda harus mempelajarinya secara efektif agar investasi properti yang dijalankannya berhasil. 



Tips Investasi Properti Menguntungkan 

Bagi anda yang tertarik untuk menjalankan investasi properti, ada beberapa tips yang harus anda lakukan supaya berhasil. Beberapa tips yang bisa anda lakukan diantaranya sebagai berikut! 

- Mencari Lokasi Yang Strategis 

Mencari lokasi yang strategis menjadi salah satu faktor penting dalam menjalankan investasi yang satu ini. Banyak orang yang mengutamakan lokasi strategis dan kemudahan sebagai akses pertimbangan saat membeli properti. Faktor tersebut juga akan berpengaruh terhadap harga jual properti. 



- Menghitung Besaran Dana Yang Dimiliki 

Anda perlu mengetahui bahwa membeli properti bukan sekedar membayar biaya pokok, tetapi juga ada komponen biaya ekstra yang mengiringi. Adapun beberapa komponen biaya tersebut diantaranya seperti: 



a. Uang Tanda jadi, hal ini dapat ditentukan oleh pengembang ataupun penjual properti. Uang tersssebbbut seperti halnya biaya booking sebagai bentuk kejelasan saat anda membeli properti. 

b. Uang Muka, biaya kelanjutan dalam menjalankan bisnis yang satu ini adalah membayar uang muka yang harus dilunasi. Besarnya uang muka tergantung kepada siapa anda membeli properti. 

c. Angsuran, terdapat angsuran yang harus dibayarkan oleh seseorang yang ingin membeli sebuah properti. Untuk waktu yang ditentukan sesuai dengan kesepakatan dan juga penawaran yang diberikan oleh penjual. 



- Mengecek Harga Pasar 

Tips yang selanjutnya adalah mengecek harga pasar yang berlaku. Jangan terburu-buru untuk melakukan pembelian properti karena harga sewaktu-waktu bisa berubah. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu harga pasaran properti yang menjadi incaran anda. Hal ini akan menjadikan anda lebih efektif dalam melakukan pembelian properti. 



Lakukan riset harga pasar jika perlu, baik secara langsung ataupun online. Anda dapat menentukan mana harga yang terbaik yang bisa anda peroleh sesuai keinginan anda sendiri. Dengan mengecek harga pasar akan membantu anda dalam menentukan nilai harga mengenai properti yang akan dibeli ataupun dijualnya. 



- Cek Kelengkapan Dokumen 

Mengecek kelengkapan dokumen juga menjadi salah satu hal penting yang harus anda persiapkan dalam menjalankan investasi properti. Biasakan untuk melakukan pengecekan ketika ingin membeli sebuah properti. Jangan sampai masalah di kemudian hari muncul karena kamu lali meneliti dokumen tersebut. Beberapa dokumen yang harus anda cek seperti sertifikat, surat izini mendirikan bangunan, dan lain sebagainya. 



Menjadi pembeli cerdas adalah cara yang cukup penting dalam menjalankan investasi properti. Anda harus membekali diri dengan baik supaya investasi yang dijalankan bisa mulus. 



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa jenis investasi properti. Anda bisa menjalankannya sesuai yang diinginkan mengenai investasi properti yang anda pilih. Terdapat kelebihan dan kekurangan tersendiri yang ada pada investasi properti. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.