Investasi Properti -->

Header Menu


Investasi Properti

Posted by Administrator
Wednesday 6 January 2021

Investasi Properti

Apa sih yang anda ketahui tentang investasi properti? Bagi anda yang masih awam mengenai dunia properti pastinya masih asing ketika mendengar istilah yang satu ini. Ada banyak sekali jenis investasi, dimana investasi merupakan suatu cara untuk meningkatkan keuangan guna keperluan di masa depan. 

Jenis investasi beragam, mulai dari investasi saham, investasi reksadana, investasi properti dan masih banyak yang lainnya. Investasi properti menjadi salah satu yang paling banyak diminati dari banyaknya jenis investasi yang ada. Tentu ada alasan tersendiri yang membuat banyak orang lebih tertarik memilih investasi properti. Untuk mengetahui lebih dalam, anda harus mengenal mengenai apa itu investasi properti? 



Pengertian Investasi Properti 

Investasi properti merupakan jenis investasi yang berkaitan dengan pembelian, kepemilikan, penyewaan, pengelolaan dan penjualan real estate agar bisa mraih keuntungan. Investasi yang dilakukan ditujukan untuk mendapatkan return of investment, baik melalui hasil sewa, penjualan kembali ataupun gabungan dari keduanya. 

Properti sendiri dapat dimiliki oleh perorangan ataupun kelompok. Bila dilihat dari jangka waktunya, jenis investasi yang satu ini cukup fleksibel dan investasi properti merupakan investasi jangka panjang. Anda pun dapat menentukan jangka waktu untuk investasi yang dibutuhkannya. 

Anda bisa melihat sendiri di sekeliling anda, dimana ada banyak sekali pembangunan properti yang merupakan salah satu bisnis menguntungkan. Berbagai macam jenis properti yang dibangun diantaranya seperti rumah, perumahan, ruko, dan lain sebagainya. pemilik dari properti akan mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkannya untuk disewakan ataupun dijual secara langsung. 

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan investasi properti, akan ada kelebihan dan kekurangan yang bisa anda dapatkan nantinya. Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu supaya tidak ada kendala disaat anda sudah menjalankan investasi yang satu ini. Dengan begitu, anda akan berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil investasi properti yang dilakukannya. 



Keunggulan Investasi Properti 

Adapun beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan bilamana menjalankan investasi properti diantaranya sebagai berikut! 

- Harga Properti Yang Tak Pernah Turun 

Apakah anda pernah melihat nilai harga properti yang menurun? Setiap tahunya properti akan selalu mengalami kenaikan harga. Tentu hal ini akan menjadikan keuntungan yang besar bagi anda bilaman semakin lama waktu properti yang dijalankannya. Meningkatnya harga properti dikarenaka kebutuhan penduduk yang akan terus meningkat kedepannya. 



- Inflasi Yang Tak Berpengaruh 

Inflasi yang tidak berpengaruh menjadi salah satu kelebihan dari investasi yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan laju kenaikan harga properti setiap tahun lebih tinggi dibandingkan dengan laju inflasi itu sendiri, sehingga tidak akan berpengaruh. 



- Sumber Pendapatan Pasif 

Dengan menjalankan investasi properti dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan pasif. Anda dapat menyewakan properti yang dimiliki kepada orang yang membutuhkannya. Melalui sewa tersebut, anda akan mendapatkan penghasilan setiap bulan ataupun tahunan sesuai dengan waktu yang anda tentukan sendiri. 



- Bisa Dijadikan Jaminan 

Bilamana anda sedang memerlukan sebuah modal untuk membangun usaha, anda bisa menjadikan properti yang dimilikinya sebagai jaminan. Anda akan mendapatkan modal dengan mudah melalui jaminan properti yang anda miliki. Dengan begitu, anda dapat mengajukan pinjaman ke bank. 



- Kontrol Penuh Terhadap Properti 

Dengan menjalankan investasi properti akan memberikan anda kontrol penuh terhadap instrument investasi yang dimilikinya. Dengan ini akan memberikan keleluasaan dalam memasarkan properti yang akan dijual. Anda dapat menahannya, membangun, memperbaiki dan menyewakannya. 



Kekurangan Invesatasi Properti 

Bagi anda yang menjalankan investasi properti, terdapat juga beberapa kekurangan yang bisa anda dapatkan diantaranya sebagai berikut! 

- Bersifat Lokal 

Perlu anda ketahui, properti bersifat lokal dimana kisaran harga properti nilainya berbeda-beda. Dimana hal tersebut menjadi salah satu kekurangan dari investasi yang satu ini. Maka dari itu, para investor harus rajin mencari update kisaran harga dan juga harus cermat dalam memperhitungkan harga propertinya. 



- Harus Mengeluarkan Budget Untuk Perawatan Properti 

Anda akan memiliki resiko untuk perawatan properti yang pastinya harus dijaga dengan baik supaya banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya. Untuk melakukan perawatan, anda harus mengeluarkan biaya. Akan tetap mendapatkan keuntungan bilamana properti yang anda miliki laku. Namun jika sebaliknya, justru anda akan rugi besar karena harus membayar perawatan namun tidak ada pemasukan sama sekali. 



- Modal Yang Padat dan Transaksi Tinggi 

Jika anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar, maka modal yang harus ditanamkan juga harus besar. Itu artinya, anda memerlukan modal besar jika ingin menjalankan investasi yang satu ini. Selain itu, para investor juga harus menyiapkan biaya transaksi yang cukup tinggi seperti halnya biaya Bea Perolehan Hal atas Tanah dan Bangunan. 



- Tidak Likuid 

Bila membeli sebuah properti sesuai dengan keinginan akan membutuhkan waktu yang lama seperti halnya ketika menjualnya. Waktu yang dibutuhkan bisa berminggu-mingg, berbulan-bulan bahkan tahunan agar investasi yang satu ini sifatnya tidak likuid. 



- Resiko Hancur Bila Ada Bencana 

Akan ada resiko yang terjadi pada properti yang anda miliki bilamana terjadi bencana alam seperti tanah longsor, gempa bumi, dan lain sebagainya. Hal ini tentu dapat merusak properti yang anda miliki kapan saja. Maka dari itu, anda harus siap dengan segala apapun bilamana terjadi hal seperti ini. 



Cara Aman Investai Properti 

Bagi anda yang ingin memainkan investasi properti secara aman bisa melakukannya dengan cara seperti berikut! 

- Tentukan Tujuan 

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah menentukan tujuan. Anda pastinya memiliki tujuan mengapa memulai investasi properti. Disini menjadi awal proses dalam melakukan investasi bagi diri anda. 



- Tentukan Jenis dan Jangka Waktu 

Ada berbagai macam jenis investasi properti yang bisa anda tentukan sesuai keinginan anda sendiri. Mulai dari investasi properti tanah, rumah, kontrakan, dan lain sebagainya. Anda bisa memulainya sesuai dengan keinginan anda sendiri dalam menjalankan investasi tersebut. 



- Susun Rencana Pembelian Yang Matang 

Dalam melakusanakan investasi proeprti, anda harus menyusun rencana pembelian yang matang supaya lebih efektif. Dimana anda bisa menentukan strategi dan mengetahui kriteria properti yang akan dijalankannya. 



- Pahami Resiko 

Setiap usaha pasti ada resiko yang bisa saja terjadi. Begitu juga dengan investasi properti yang anda jalankan. Pastinya akan ada resiko yang bisa saja terjadi bilamana anda menjalankan investasi properti. Anda harus memahaminya secara efektif supaya anda tidak mengalami kekesalan nantinya. 



- Mulai dari Skala Kecil 

Supaya aman menjalankan investasi properti, mulailah dari skala yang paling kecil terlebih dahulu. Apalagi bagi anda yang masih pemula, anda harus mengawalinya dari nol dan harus mempelajarinya terlebih dahulu. Dengan begitu, tidak akan ada resiko besar yang kemungkan terjadi pada diri anda nantinya. 



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu investasi properti. Anda akan dapat mengetahuinya dan bisa menjalankannya sesuai keinginan anda sendiri.