Apa Itu Manusia Purba dan Faktanya? -->

Header Menu


Apa Itu Manusia Purba dan Faktanya?

Posted by Administrator
Wednesday 6 January 2021

Apa Itu Manusia Purba dan Faktanya?


Apa sih yang anda ketahui tentang manusia purba? Anda akan belajar tentang sejarah dimana kehidupan manusia di jaman dahulu. Banyak sekali teori tentang manusia purba yang berkaitan dengan manusia. Anda bisa mempelajarinya dengan lebih dalam mengenai pembelajaran sejarah pada masa lalu. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui apa itu manusia pubra dan faktanya. 

Pengertian Manusia Purba 

Manusia purba disebut juga manusia prasejarah atau manusia yang hidup di jaman sebelum tulisan ditemukan. Manusia purba tertua di dunia diperkirakan berumur lebih dari 4 juta tahun yang lalu. Maka dari itu, para ahli juga menyebutkan sebagai Prehistoric People atau manusia prasejarah. 

Banyak sekali manusia purba yang ditemukan di berbagai belahan dunia, namun di Indonesia ada banyak sekali manusia purba yang ditemukan. Fosil-fosil yang ditemukan di berbagai daerah di Indonesia kurang lebih berumur jutaan tahun yang lalu. Hal itu menjadi bukti akan adanya manusia purba di Indonesia. 

Supaya dapat mengetahui keberadaan manusia purba lebih dalam, anda dapat melihat berbagai macam sisa tulang manusia, hewan dan juga tumbuhan yang sudah menjadi batu atau menjadi fosil. Hal ini juga melewati peninggalan sejarah peralatan yang digunakan oleh manusia. Seperti halnya peralatan rumah tangga, senjata, bangunan dan juga perhiasan. 

Adapun beberapa penjelasan mengenai manusia purba berdasarkan para peneliti di Indonesia! 

- Eugena Dobous 

Eugena Dobois merupakan sosok pertama kali yang meneliti manusia purba di Indonesia. Hal tersebut dialkukan setelah mendapatkan kiriman sebuah tengkorak dari B.D Von Retschoten yang menemukan tengkorak di Wajak, Tulung Agung. Pada saat itu, fosil tersebut dinamai Homo Wajakensis yang terpasuk ke dalam Homo Sapiens. Adapun beberapa fosil lain yang ditemukan seperti Pitecanthropus Erectus, dan lain sebagainya. 



- G.H.R Von Koeningswald 

Peneliti yang satu ini menemukan fosil tengkorak yang berada di Ngandong, Blora, pada tahun 1936. Dimana tulang dan rahang Homo Erectus dan Megantrhropus Palaeojavanicus ini ditemukan di Sangiran, Solo, Jawa Tengah. 



- Dr. T Jacob 

Pada tahun 1952 dimulailah penelitian mengenai manusia purba yang dipimpin oleh Dr T Jacob yang berasal dari UGM mulai dari daerah Sangiran dan sepanjang aliran Bengawan Solo. 



Fakta Tentang Manusia Purba 

Adapun berbagai macam fakta tentang manusia purba yang dapat anda ketahui diantaranya sebagai berikut! 

- Kemampuan Membuat Peralatan 

Salah satu hal yang harus anda ketahui tentang manusia purba adalah fakta tentang membuat peralatan. Berbagai macam alat kuno yang dibuat pada jaman prasejarah ini dibuat oleh manusia purba pada jaman dahulu. Pada tahun 2017 silam, telah ditemukan sebuah peralatan batu kuno yang tidak sengaja ditemukan dalam sebuah proyek penggalian. Setelah dilakukan penelitian, alat tersebut ternyata peralatan yang dibuat manusia sekitar setengah juta tahun yang lalu dengan bentuk dan kepadatan yang berbeda. 



Telah dipercaya bahwa area di sekitar penggalian tersebut adalah seperti Surga Dunia pada jaman batu yang dikunjungi secara musiman. Pada saat itu terdapat sungai, tanaman dan beberapa tempat lainnya yang diperlukan oleh manusia purba untuk menjaga keluarganya agar tidak kekurangan makanan dan juga minuman. 



Telah ditemukan juga peralatan yang berbentu seperti kapak, dimana alat tersebut digunakan untuk menyembelih hewan dan juga melakukan penggalian tanah. Hal itu membuktikan bahwasanya manusia purba mampu menciptakan peralatan yang unik seperti halnya manusia jaman sekarang ini. 



- Membuat Wine Perta 

Fakta yang dapat anda ketahui selanjutnya adalah membuat wine perta,a. Menjelang akhir era jaman batu di Republik Georgia, desa tersebut sudah dapat membuat minuman wine, yakni sebuah fermentasi anggur yang mengandung alcohol. Para arkeolog pun melakukan penelitian kurang lebih selama satu tahun pada 2016 – 2017 silam. 



Mereka meneliti dan menemukan kebenarannya dari pecahan wadah keramik pada tahun 5400 – 5000 sebelum masehi yang mengubah sejarah dunia mengenai wine. Dari daerah tersebut, mereka menemukan enam buah wadah keramik dan setelah dialkukan penelitian memang positif memiliki bekas asam sitrat. 



- Menuliskan Simbol Bahasa 

Mungkin bagi anda masih belum mengetahui mengenai fakta yang satu ini. Para riset telah mengukir sejarah baru karena telah menemukan tulisan Bahasa tertua di dunia dengan konsep yang lebih sederhana. Tulisan tersebut menjadi sautu symbol yang mewakili suatu pernyataan tertentu. 



Symbol tesebut sangatlah bersejarah namun masih banyak yang mengabaikannya selama bertahun tahun oleh banyak pengunjung yang selalu berkunjung setiap tahun ke goa dimana telah ditemukannya tulisan dari symbol tersebut. Tulisan tersebut ditemukan di goa-goa Spanyol dan Prancis pada saat itu sebelumnya tulisan symbol adalah ukiran kuno mungil berbentuk seperti singa, kuda dan banteng. 



Namun jika diperhatikan dengan seksama, tulisan symbol tersebut sangatlah berbeda dengan ukiran hewan tersebut. Yang jelas memiliki makna dimana tulisan symbol ini tampak difungsikan untuk menjelaskan sesuatu yang lebih abstrak seperti tata Bahasa dan lain sebagainya. 



- Menghindari Perkawinan Sedarah 

Perlu anda ketahui sendiri, menghindari perkawinan sejarah merupakan salah satu fakta menarik yang sudah ada sejak zaman prasejarah. Para ilmuwan telah menemukan tanda-tanda pertama megenai menghindari perkawinan sedarah pada tahun 2017 silam. Dimana terdapat empat penelitian tersebut membuktikan bahwasanya hal ini dilakukan sekitar 34 ribu tahun yang lalu. 



Melalui analisa tersebut, para ilmuwan mengungkapkan bahwa mereka memiliki perilaku seperti para suku pemburu modern untuk urusan pasangan, mereka tahu bahwasanya mereka akan mendapatkan masalah jika melakukan perkawinan dengan saudara dekat. 



Kerangka yang ditemukan di Sungir ini menunjukan suatu koneksi yang terbatas antara mereka. Dan mereka pun melakukan perkawinan secara acak, maka genetic yang akan menunjukan kecenderungan perkawinan sedarah akan tampak lebih jelas dan tidak ditemukan sama sekali dalam kerangka tersebut. 



Satu Tempat Tiga Sesies Homo 

Kurang lebih sekitar 1,9 juta tahun yang lalu, terdapat tiga macam spesies manusia purba yang berbeda di berbagai macam lingkungan yang sama. Hal itu terungkap ketika paleoantropolog menemukan sisa kehidupan mereka di gua yang ada di Afrika Selatan. Tiga spesies tersebut diantaanya Australopithecus Africanus, Paranthropus Robustus dan spesies baru yang muncul du juta tahun yang lalu, yakni Homo Erectus. 



Akan tetapi, para paleoantropoplog sendiri masih belum yakni mengenai kelompok tersebut apakah sudah berinteraksi atau belum. Hal ini menimbulkan berbagai macam pertanyaan menarik bagi siapa saja. Seperti yang anda ketahui sendiri, Homo Erectus merupakan salah satu spesies pertama yang memiliki kemiripan seperti manusia. Spesies tersebut muncul di luar Negara Afrika sekitar 1,85 juta tahun yang lalu dan berhasil bertahan hidup di beberapa Negara kepulauan di Indonesia sampai 117.000 tahun yang lalu. 

Itulah beberapa fakta menarik yang dapat anda ketahui tentang manusia purba. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.