10 Peninggalan Bersejarah di Indonesia -->

Header Menu


10 Peninggalan Bersejarah di Indonesia

Posted by Administrator
Wednesday 3 February 2021

10 Peninggalan Bersejarah di Indonesia




Apa sih yang anda ketahui tentang peninggalan sejarah? Peningalan sejarah merupakan suatu bukti dari masa lalu yang dapat anda gunakan untuk mengetahui dan mendapatkan tentang gambaran pada persitiwa yang terjadi saat itu. Dimana berbagai macam bukti peninggalan sejarah dapat anda temukan di jaman sekarang ini yang dilestarikan melalui museum-musem yang menyimpan berbagai macam koleksi pada jaman dahulu. 

Seperti yang anda ketahui sendiri, di Indonesia ada banyak sekali museum yang menjadi bukti peninggalan sejarah pada masa lalu. Disini anda akan mengetahu apa saja yang menjadi peninggalan sejarah, khususnya sejarah yang terjadi di Indonesia. Anda dapat belajar dari peristiwa yang terjadi pada masa itu, dimana anda dapat mengambil dari sisi positifnya. 

Adpun beberapa macam peninggalan sejarah di Indonesia diantaranya sebagai berikut! 



1. Tulisan Prasasti 

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan penggalan bersejarah yang satu ini. Tulisan prasasti merupakan penggalan sejarah berbentuk tulisan ataupun gambar yang diukir pada batu, banyak yang menyebutnya juga sebagai batu tulis. Isinya berupa peristiwa penting yang terjadi pada masa lalu. 



Biasanya hal tersebut dialami oleh seseorang dalam sebuah kerajaan yang menggunakan Bahasa prasasti seperti huruf pallawa dan Bahasa sensakerta. Berbagai macam prasasti yang dapat anda temukan diantaranya seperti prasasti Yupa, prasasti Telaga Batu, dan masih banyak yang lainnya. 



2. Bangunan Candi 

Bangunan candi juga menjadi salah satu bukti peninggalan sejarah yang sangat berharga di Indonesia. Dimana anda bisa melihat sendiri berbagai macam candi yang ada di Indonesia. Hal itu menjadi bukti sejarah yang sangat penting, dimana umurnya sudah berabad-abad namun bangunan tersebut masih tetap kokoh dan tahan lama umurnya. 



Candi sendiri merupakan suatu bangunan bersejarah yang terbuat dari batu. Biasanya candi digunakan sebaga tempat ibadah untuk agama Hindu dan juga Budha. Dengan demikian, candi merupakan penggalan sejarah Hindu dan Budha di Indonesia yang memilik fungsi untuk memuliakan raja yang telah meninggal dunia dengan bangunan tersebut. 



3. Bangunan Benteng 

Peningalan bersejarah yang dapat anda ketahui selanjutnya adalah bangunan banteng yang berfungsi sebagai bangunan untuk mempertahankan diri dari serangan lawan di masa perang pada jaman dahulu. Benteng yang ada di Indonesia kebanyakan berasal dari peninggalan Belanda, Portugis dan Spanyol pada masa kolonialisme Eropa di Indonesia. 



Bukan itu saja, ada juga bangunan banteng yang dibuat oleh raja-raja yang pernah memimpin di Indonesia. Seperti halnya banteng Benjol di Bonjol, banteng Surason di Banten Jawa Barat, Benteng Jagaraga di Bali, dan masih banyak yang lainnya. Hal itu menjadi bukti peninggalan sejarah yang menjadikan banyak orang mengetahui sejarah. 



4. Bangunan Istana atau Keraton 

Bangunan yang satu ini juga menjadi salah satu peninggalan sejarah pada jaman dahulu. Dimana bangunan istana dan keraton ini ada banyak sekali di Indonesia, bahkan ada yang memiliki bentuk masih utuh. 



Peninggalan tersebut tentu sangat berharga dan harus tetap dijaga sampai kapanpun. Di dalamnya memiliki nilai yang sangat penting akan sejarah yang terjadi pada jaman dahulu. Seperti halnya Istana engara yang merupakan peninggalan sejarah pada masa lalu. 



5. Bangunan Makam 

Berbicara soal peninggalan sejarah, bangunan makan juga menjadi salah satu peninggalan sejarah di Indonesia yang cukup populer di kalangan masyarakat. Makam sendiri merupakan bangunan yang menjadi persemayaman orang yang sudah meninggal dunia, salah satunya para raja atau tokoh penting yang gugur dalam perang pada jama dahulu. 



Makam tersebut dijadikan sebagai sumber sejarah yang harus diketahui oleh banyak orang, khususnya warga masyarakat Indonesia. Seperti halnya makan Sunan Kalijaga di Demak, Jawa Tengah, makam Ir Soekarno di Blitar, Jawa timur, dan masih banyak yang lainnya. 



6. Tulisan Naskah Kuno 

Salah satu peninggalan sejarah di Indonesia lainnya adalah tulisan naskah kuno. Dimana ana bisa menjumpai naskah kuno atau dokumen penting yang berisikan informasi pada jaman dahulu, beberapa diantaaranya seperit karya sastra seperti syair, hikayat, legenda, dan masih banyak yang lainnya. 



Ada banyak sekali naskah kuno yang menjadi peninggalan bersejarah di Indonesia. Beberapa diantaranya seperti Kitab Sutasoma, Kitab Negarakertagama, Kakawi Arjuna Wiwaha, dan masih banyak yang lainnya. Anda bisa melihatnya sendiri di museum peninggalan sejarah. 



7. Benda Peninggalan Bersejarah 

Ada banyak sekali benda-benda yang menjadi peninggalan sejarah di Indonesia, dimana hal ini menjadi peninggalan sejarah yang cukup penting dan harus dihargai oleh banyak orang. Seperti halnya fosil yang merupakan sisa-sisa dari bagian makhluk hidup baik itu hewan, manusia ataupun tumbuhan yang sudah membatu. Berbagai macam fosil bisa anda lihat di musem Sangiran, Jawa Tengah. 



Selain itu, berbagai macam benda artefak yang merupakan peralatan atau perkakas pada jaman dahulu yang seringkali digunakan seperti alat pertanian, alat makan, perhiasan, dan masih banyak yang lainnya. Berbagai macam arca yang merupakan penggalan bersejarah bercorak Hidnu Budha juga ditinggalkan. 



8. Karya Seni 

Berbagai macam karya seni juga menjadi bukti peninggalan sejarah pada jaman dahulu yang dapat anda lihat di jaman sekarang ini. Karya seni pada jaman dahulu pastinya terus diturunkan untuk tetap dipertahankan dari waktu ke waktu supaya tidak hilang. 



Berbagai macam karya seni yang menjadi peninggalan sejarah seperti tarian tradisional, dongeng atau cerita rakyat yang disampaikan secara turun temurun, lagu daerah yang dinyanyikan secara turun temurun, seni pertunjukan tradisional seperti wayang kulit, wayang golek, dan masih banyak yang lainnya. Hal ini menjadi salah satu peninggalan bersejarah yang sangat penting. 



9. Bangunan Masjid 

Bangunan yang satu ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah umat islam yang digunakan untuk beribadah. Dimana hal ini mampu membuktikan pengaruh besar terhadap agama Islam di Indonesia yang telah ada sejak jaman dahulu hingga seperti sekarang ini. 



Berbagai macam masjid mengandung nilai sejarah di dalamnya. Ada banyak sekali Masjid yang masih utuh dari jaman dahulu diantaranya seperti Masjid Demak, Masjid Aceh, dan lain sebagainya. Masjid yang menjadi peninggalan bersejarah pada masa lalu pun masih dapat digunakan sampai saat ini. 



10. Monumen atau Tugu 

Salah satu bukti peninggalan sejarah di Indonesia yang dapat anda temukan di jaman sekarang ini adalah monument atau tugu. Peninggalan sejarah yang satu ini sengaja dibangun untuk melambangkan peringatan terhadap peristiwa dan menghormati jasa para pahlawan pada jaman dahulu. 



Di Indonesia sendiri ada banyak sekali monumen atau tugu seperti Monumen Nasional yang ada di Jakarta, Monumen Tugu Muda di Semarang, Monumen Palagan Ambarawa di semarang, dan masih banyak yang lainnya. Anda bisa mengunjunginya sendiri bilamana penasaran dengan peninggalan bersejarah yang satu ini. 

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai berbagai macam peninggalan sejarah di Indonesia. Semoga bermanfaat, terima kasih.