Tips Menjaga Kesehatan Anak Sejak Dini -->

Header Menu


Tips Menjaga Kesehatan Anak Sejak Dini

Posted by Administrator
Tuesday 5 May 2020

Tips Menjaga Kesehatan Anak Sejak Dini
Tips Menjaga Kesehatan Anak Sejak Dini


Anak adalah buah hati yang harus benar-benar diperhatikan untuk kebutuhan gizi dan kesehatannya, karena anak yang sehat akan tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan berguna di masa depan.

Tidak mengherankan kalau sampai detik ini banyak anak cerdas di Indonesia karena diberikan asupan nutrisi yang tepat dan terus dijaga kesehatannya.

Bagi anda yang masih belum tahu seperti apa menjaga kesehatan anak yang benar, silahkan simak informasinya dibawah ini.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai tips menjaga kesehatan anak sejak disini yang wajib di ketahui oleh orang tua, pastinya anak yang sehat juga berasal dari didikan dan perawatan yang diberikan oleh orang tua sejak dari kecil. Jadi, langsung saja simak informasinya dibawah ini dengan seksama.

Tips Jaga Kesehatan Anak Sejak Usia Dini


1. Biasakan untuk mengajari mencuci tangan

Salah satu kebiasaan sehat yang wajib anda ajarkan kepada anak-anak adalah membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan setelah melakukan kegiatan apapun, contohnya setiap kali anak-anak selesai bermain dan ingin makan, suruhlah untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun.

Terus, ketika anak ingin tidur, suruhkah untuk mencuci kedua tangan, kedua kaki dan muka agar bersih dari kuman dan bakteri.

Cara seperti ini benar-benar baik di ajarkan kepada anak-anak agar terbiasa untuk hidup sehat. Karena kita sendiri tahu kalau di lingkungan luar banyak sekali kuman penyakit yang siap mengintai kita kapan saja. Jadi, cuci tangan adalah kebiasaan baik yang bisa diajarkan kepada anak-anak.

2. Biasakan untuk memberi asupan makanan dengan nutrisi lengkap
Cara menjaga kesehatan anak berikutnya adalah memberikan asupan makanan dengan nutrisi yang lengkap, nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap anak-anak tertentu berbeda tergantung dari nutrisi apa yang masih belum didapatkan dari anak-anak.

Ada baiknya anda memberikan nutrisi yang lengkap mulai dari vitain, omega3, protein, zat besi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semua nutrisi tersebut bisa anda dapatkan secara gratis dari berbagai sumber makanan alami yang tersedia di bumi seperti sayur mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, oatmeal, gandum, beras dan masih banyak lagi yang lainnya.

Olahan makanan dengan gizi tinggi sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan otak anak, jangan lupa juga untuk berikan minuman berupa susu kepada anak anda.

3. Biasakan untuk menggosok gigi anak-anak
Cara menjaga kesehatan anak-anak yang berikutnya adalah dengan membiasakan untuk mengajari anak-anak memakai sikat gigi.

Gigi merupakan salah satu organ penting yang harus dirawat dengan baik, selain berhubungan langsung dengan proses pencernaan makanan, gigi selalu menjadi tempat sarang bakteri untuk berkembang biak.

Maka dari itu, biasakan setelah makan pagi atau malam hari harus menggosok gigi. Minimal 1 hari 3 kali untuk menggosok gigi, anda bisa mengajarkan kepada anak-anak tentang hal ini agar kebiasaan baik ini selalu di terapkan ketika sudah dewasa nanti.

Ada banyak peyakit gigi yang seringkali membuat penderitanya merasa kesakitan seperti gigi berlubang, gigi patah, sakit gigi, gusi bengkak dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk karena itu, usahakan untuk terus mengajarkan kepada anak-anak caranya menggosok gigi yang benar dan bersih.

4. Memberikan air putih setiap saat

Anak-anak biasanya menyukai jenis minuman yang memiliki rasa manis, hindarkan hal ini terlebih dahulu karena anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan.

Ada baiknya anda berikan minuman yang sehat seperti air putih atau susu, kedua jenis minuman ini sangat baik untuk kesehatan anak anda.

Air putih merupakan sumber mineral terbaik untuk kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh, bisa dibilang 60% bagian dalam tubuh manusia adalah cairan, jadi air putih sangat bagus untuk kesehatan dan pastinya baik untuk anak-anak.

Usahakan untuk memberikan setidaknya 2 gelas setiap kali anak-anak makan atau 2 liter dalam sehari. Selain menjaga tubuh tetap terpenuhi akan cairan, organ lain yang akan merasakan dampak positifnya adalah ginjal. Jadi, air putih adalah minuman terbaik untuk kesehatan anak-anak.

5. Rutin memberikan buah-buahan

Berikutnya yang tidak kalah penting untuk anda berikan kepada anak-anak agar kesehatan mereka tetap terjaga adalah rutin dengan memberikan buah-buahan, buah seperti apel, pir, pepaya dan lain-lain sangat bagus untuk pencernaan anak-anak, ditambah lagi kandungan gizi yang ada di dalam buah sangat tinggi untuk kebutuhan anak-anak.

Tidak mengherankan kalau buah selalu dicari banyak orang karena memberikan nutrisi lengkap untuk tubuh kita.

Jika anak anda tidak suka dengan buah, gunakan cara lain dengan olahan yang lebih lembut seperti dibuat jus atau makanan lain yang lebih enak dan mudah di makan anak-anak, anda juga bisa membuat puding dari buah-buahan.

6. Ajak tidur sebelum jam 10 malam
Frekuensi tidur yang baik untuk anak-anak itu sekitar 8 – 9 jam yang artinya, anak-anak membutuhkan waktu istirahat lebih lama dibandingkan orang dewasa dengan frekuensi tidur hanya 6 – 7 jam saja. Intinya, semakin cukup kita beristirahat maka semakin baik juga kondisi kesehatan tubuh kita.

Anak-anak yang tidur cukup dengan frekuensi 8 – 9 jam memang dibutuhkan mengingat aktivitas setiap anak memang berbeda-beda.

Paling tidak anda bisa mengajarkan dengan baik kalau tidur lewat diatas jam 10 tdak bagus untuk kesehatan tubuhnya, dengan begitu anak anda akan terbiasa tidur di jaktu yang tepat.

7. Bangun pagi

Bangun pagi adalah kebiasaan yang cukup sulit untuk dilakukan oleh banyak orang, pasalnya setiap kali bangun pagi tubuh terasa malas dan akhirnya melanjutkan tidur kembali.

Fenomena seperti ini sudah seringkali terjadi di kalangan anak muda dan dewasa yang suka bergadang di malam hari, jadi kalau anda ingin kesehatan anak-anak terjaga.

Biasakan untuk bangun pagi setiap saat setiap harinya, bangun pagi yang baik itu pukul 05.00 atau 06.00, setelahnya anda bisa mengajarkan anak-anak untuk merapikan tempat tidur dan melakukan kegiatan lainnya.

Cara ini merupakan kebiasaan yang baik untuk anak anda di kemudian hari nanti, apalagi ketika mereka sudah sekolah.

Sekian informasi dari kami yang bisa memberikan informasi kesehatan kepada anak-anak anda, jangan lupa untuk terus berkunjung ke website kami untuk membaca banyak sajian informasi yang berhubungan dengan tips kesehatan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Intinya, kesehatan anak-anak itu sangat diperlukan sejak dini dan bagus untuk anda sebagai seorang tua yang mau menjaga kesehatan mereka.

Ajarkan dengan baik semua kebiasaan yang menurut anda positif untuk dilakukan. Oke, sampai disini dulu dan semoga informasi dari kam bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.