Fakta Unik Teknologi Internet Yang Jarang di Ketahui -->

Header Menu


Fakta Unik Teknologi Internet Yang Jarang di Ketahui

Posted by Administrator
Saturday 16 May 2020

Fakta Unik Teknologi Internet Yang Jarang di Ketahui
Fakta Unik Teknologi Internet Yang Jarang di Ketahui

 Internet menjadi salah satu teknologi yang paling dimanfaatkan banyak masyarakat di seluruh dunia. Fungsi dari internet ini sangatlah banyak, bahkan menjadi penopang kehidupan seseorang di era perkembangan teknologi masa kini.

Sebut saja Ojol atau Ojek online, untuk bisa beroperasi mengangkut penumpang juga dbutuhkan koneksi internet yang stabil sehingga dapat terhubung dengan mudah oleh penumpang di jarak yang jauh sekalipun.

Ini menandakan kalau fungsi dari internet sangat banyak dan menjadi peluang untuk banyak hal di era modern sekarang ini.

Umumnya, internet memiliki banyak manfaat seperti mempermudah setiap orang mendapatkan sumber informasi terbaru, mengetahui kondisi di luar deerah, sebagai petunjuk jalan atau GPS, tempat hiburan dan bermain games hingga tempat berbisnis online sebagian besar orang.

Tidak mengherankan kalau sampai detik ini, pengguna internet tembus milyaran orang setiap harinya, jika di perkirakan di Indonesia sendiri sudah ratusan juta orang aktif di internet.

Terlepas dari fungsi internet, tentu anda harus tahu kalau dari kepopuleran internet saat ini memiliki banyak fakta menarik yang jarang di ketahui. Langsung saja, ini dia informasinya untuk anda.

Fakta Unik Teknologi Internet Yang Jarang di Ketahui


1. Jumlah pengguna internet di seluruh dunia

Sebagai pengguna internet mungkin anda pernah penasaran atau ingin tahu sebenarnya berapa sih jumlah pengguna intenet harian sekarang ini. Apakah jumlahnya sangat besar ?

Berdasarkan data pengguna Internet Live Stats ini menujukkan angka sebanyak 3.48 miliar orang yang menggunakan internet setiap harinya.

Itu sama dengan 40% dari total populasi orang yang ada di dunia saat ini. Sebagai tanda kalau internet banar-benar populer dan dimanfaatkan untuk banyak hal.

Tidak usah jauh-jauh, sekarang anda melihat youtube ataupun mencari sesuatu di internet juga menjadi salah satu pengguna aktif harian.

Jualan pulsa dengan aplikasi digital payment juga menjadi pengguna aktif harian, intinya ketika anda mengakses internet dari perangkat gadget, maka anda sudah menjadi seorang pengguna aktif harian.

2. Bagaimana jika internet mati total ?

Lantas bagaimana jika internet dalam satu hari akan mati total ? Apakah hal ini akan berdampak pada kehidupan manusia yang notebene selama ini menggunakan internet untuk berbagai kegiatan.

Jawabannya jelas menimbulkan banyak sekali kerugian untuk perusahaan yang berbasis di bidang internet dan pelaku bisnis online yang menggantungkan kehidupannya saat ini dengan akses internet.

Selain itu juga, ada sekitar 200 miliar email yang akan tertunda dan 3 miliar lebih pencarian google yang terhenti secara serempak. Ini akan menimbulkan banyak kekacuan yang membuat orang-orang tidak bisa mengakses apapun dan seperti kembali ke zaman purba lagi.

Yap, seharusnya kita terbiasa dengan hal itu hanya dalam waktu sehari saja. Tidak bisa dibayangkan bagaimana kalau internet ini mati dalam waktu 1 minggu.

3. Banyak pecandu internet di luar sana

Dibalik kepopuleran internet sebagai tempat kedua untuk menghabiskan waktu kita sehari-hari, ternyata banyak orang diluar sana yang tidak mampu mengontrol penggunaan internet dan mencari pecandu yang serius.

Bahkan di Tiongkok, ada beberapa camp khusus untuk mereka yang menangani orang-orang kecanduan internet.

Ada sekitar 200 juta pengguna yang mengalami kecanduan internet dengan rentang umur kisaran 15 tahun – 35 tahunan, 40% dari total orang kecanduan menyidap penyakit Attention Deficit Hyperactivity Disorder ( ADHD ).

4. Jumlah pengguna youtube

Siapa yang tidak kenal dengan Youtube ? Salah satu situs jejaring sosial untuk berbagi video secara gratis di Internet.

Semua orang bisa berbagi video mereka dengan mudah di Youtube dan mulai menghasilkan uang dari jumlah view dan subscriber yang mengkuti.

Total jumlah pengguna youtube harian saat ini bisa tembus sampai 3 miliar lebih dan itupun belum termasukk orang yang berbagi video atau content creator.

Jumlah yang begitu fantastis, mengingat platform ini masih berjalan beberapa tahun saja, sejak google di rilis pada tahun 1996. Artinya, baru berumur 20 tahunan, jumlah pengguan Youtube sudah mencampai angka miliaran.

5. Banyak virus berbahaya di internet
Berdasarkan sumber yang kami dapatkan dari Incapsula, menyatakan bahwa setidaknya ada 61% di internet virus berbahaya yang dikenal dengan bots dan malwere, ini menandakan kalau akses internet secara tidak aman bisa berpeluang pada peretasan yang dapat merugikan diri anda sendiri. Maka dari itu, mulai saat ini anda harus paham seperti apa mengakses internet yang aman.

Gunakan beberapa antivirus populer seperti Avast dan Avira yang membantu memblokir malwere dan virus berbahaya yang kapanpun siap menginfeksi gadget anda.

Google sendiri sebenarnya sudah melarang untuk menginstal aplikasi yang didownload langsung dari internet karena sumbernya yang tidak jelas dan tidak dapat di verifikasi keamanannya.

6. Domain di internet

Pernahkah anda mencari informasi di internet dan masuk ke situs-situs yang dituju ? Tahukah anda kalah situs atau domain internet itu jumlahnya bisa mencapai jutaan bahkan ratusan juta domain.

Hal ini mengacu pada pengguna internet harian yang sekarang ini tembus di angka milyaran setiap harinya.

Bahkan, anda bisa mengira kalau itu sesuatu yang mustahil, jadi kalau anda ingin mencari informasi apapun di internet bisa dengan mudah dilakukan.

Sebagian besar domain di internet di dominasi oleh situs-situs informasi, sisanya adalah situs ecommerce dan beberapa situs lainnya.

7. Data digital di internet

Mengakses internet bukan berarti data digital anda akan terhapus begitu saja, data digital ini mudah sekali tercopy-copy terus menerus tanpa habis. Jadi, data digital ini lebih erat hubungannya dengan informasi diri kita mulai dari nama lengkap, alamat, nomor telpon dan lain-lain yang pernah kita gunakan untuk mendaftar sesuatu di situs online.

Bahkan, beberapa digital yang ada di internet dengan umur yang lama sekalipun masih tetap ada. Jumlah data digital di internet mencapai ratusan milyar saat ini, hanya saja data tersebut tersimpan secara aman di database google. Jadi, anda tidak perlu khawatir kalau keamanan data anda di internet.

8. Deep Web

Apakah anda pernah mendengar istilah deep web ? Ini merupakan situs gelap yang biasanya jadi rujukan banyak pengguna untuk mendapatkan barang-barang ilegal dengan mudah.

Deep web lebih dikenal dengan sesuatu yang besar cangkupannya dibandingkan situs yang kia ketahui saat ini.

Hanya ada beberapa cara untuk bisa masuk ke deep weeb dan melakukan banyak hal disana, isi dari deep web ini beragam mulai dari informasi rahasia, video aneh, penjualan barang ilegal dan narkotika hingga komunitas kanibal yang membeli mayat. Intinya, situs yang terlihat oleh kita saat ini hanya sebagian kecil saja, sisanya 80% ada di deep web.

Nah itulah fakta unik mengenai internet yang jarang sekali diketahui oleh banyak orang. Terimakasih.